Home » » APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW ?

APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW ?

Link adalah sebuah kata atau sederetan kata dalam sebuah halaman web yang terhubung dengan halaman lain baik itu halaman web dari alamat yang sama atau halaman web dari alamat lain.

Ketika sebuah link dari sebuah halaman blog lain menuju ke halaman blog yang kita miliki, link tersebut lebih dikenal dengan sebutan backlink, dengan kata lain backlink bisa diartikan link dari halaman situs lain yang menuju halaman situs kita.

secara umum penulisan code link adalah seperti berikut:
<a href='example.com'>contoh link</a>
atau
<a href='example.com' rel='nofollow'>contoh link</a>

Contoh code diatas adalah contoh penulisan kode html untuk link, kode tersebut akan menghasilkan tulisan contoh link  dengan garis bawah dan  bisa kita klik, jika tulisan tersebut kita klik maka akan diteruskan ke halaman example.com,

dua kode diatas adalah sama yaitu kode untuk membuat sebuah link, yang membedaan keduanya adalah dari nilai kedua link tersebut, terutama di mata google search engine, yang warna biru adalah sebuah link yang dofollow dan yang warna merah adalah link nofollow, link nofollow selalu disertai dengan atribut rel='nofollow'.

1. Perbedaan dofollow link dan nofollow link

Perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap dua link tersebut, ketika mesin pencari google membaca sebuah backlink, link tersebut akan di analisa apakah link nofollow atau dofollow, jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka google akan menghitungnya sebagai sebuah point untuk halaman yang dirujuknya, kemudian akan diakumulasi dengan backlink-backlink lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut, memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlink tersebut berasal.

Sedangkan jika backlink tersebut adalah backlink yang nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah point,  link nofollow tidak berarti apa-apa di mata mesin pencari google, tapi  meskipun link nofollow tidak dapat mempengaruhi pagerank setiap halaman, link ini tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan trafic sebuah halaman.

Saat ini google menciptakan sebuah konsep perhitungan link point halaman yang lebih kita kenal dengan istilah pagerank (rangking halaman), nilai rangking halaman menurut google dimulai dari 0 sampai 10 , semakin baik point yang didapat maka pagerank yang diperoleh akan semakin tinggi, semakin tinggi pagerank sebuah halaman, maka akan semakin berpeluang muncul di urutan pertama SERP (Search engine result page), semakin sering muncul diurutan pertama SERP maka halaman tersebut kemungkinan besar akan sering dikunjungi dan trafick halaman tersebut akan semakin meningkat.

Jadi kesimpulannya dofollow link adalah link yang mempunyai nilai dimata google, dapat meningkatkan pagerank sebuah halaman blog, sehingga dapat membantu memperoleh posisi terbaik di SERP. sedangkan link nofollow adalah link yang tidak berarti apa-apa dimata google, tetapi link jenis ini masih memiliki kontribusi untuk meningkatkan trafik halaman.

Jika Anda adalah pemburu backlink, utamakan untuk memburu backlink dofollow yang berkualitas,  untuk menambah referensi Anda mengenai pengetahuan Anda terhadap backlink berkualitas  Anda dapat membaca artikel  Seperti apakah backlink yang berkualitas. dengan begitu target SEO yang Anda tempuh bisa optimal.


2. Cara Mengetahui Link dofollow dan Nofollow

Ada berbagai cara untuk mengetahui sebuah link dalam halaman situs, apakah link dofollow atau nofollow, salah satu cara untuk mengetahuinya Anda tinggal arahkan mouse pada suatu link, kemudian klik kanan pada link yang dipilih tersebut, dari menu yang muncul Anda tinggal pilih menu bertulisan 'lihat kode sumber text yang dipilih', Anda akan melihat code html untuk link tersebut, lihat dan amati jika ada atribut rel='nofollow' atau rel='external nofollow' berarti link tersebut adalah sebuah link yang nofollow, dan sebaliknya jika tidak ada atribut rel atau ada atribut rel='dofollow' maka dapat dipastikan link tersebut adalah link dofollow,
Langkah diatas tentu saja bukan langkah yang efektif, karena mengharuskan kita untuk melakukan hal yang sama untuk melihat informasi link-link yang lainnya.

Salah satu langkah yang efektif untuk melakukan hal yang sama adalah menggunakan plugin firefox jika Anda pengguna firefox, yaitu dengan menginstal plugin NODOFollow, silahkan istal plugin tersebut Anda pasti tau caranya, jika plugin tersebut berhasil Anda instal, untuk melihat link-link dalam sebuah halaman mana yang dofollow dan mana yang nofollow, Anda tinggal klik kanan pada halaman situs/blog tersebut kemudian pada popup menu yang muncul pilih menu yang bertuliskan NoDoFollow. setiap link yang dofollow akan diblock dengan warna biru muda sedangkan untuk link yang nofollow akan diblock dengan dengan warna merah muda.

Mudah-mudahan artikel diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai  APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW.

Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Blogging dengan judul APA PERBEDAAN BACKLINK DOFOLLOW DAN NOFOLLOW ?. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://bayarsaja.blogspot.com/2014/09/apa-perbedaan-backlink-dofollow-dan.html. Terima kasih atas kunjungannya!

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar bernada spam akan saya hapus