Home » » Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google

Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google

Bagaimana cara agar artikel yang kita buat muncul di urutan 10 besar google, sepertinya posisi 10 besar adalah posisi yang paling banyak mendapatkan perhatian dan paling banyak diincar oleh para blogger, ketika artikel yang kita miliki muncul di posisi 10 besar SERP (Search Enggine Result Page), berarti artikel yang kita miliki berpeluang untuk mendapatkan pengunjung, lantas bagaimana caranya agar artikel yang kita buat muncul di posisi 10 besar?.
Sebenarnya untuk menduduki posisi 10 besar bisa mudah dan bisa juga sulit, tergantung dari judul artikel yang kita bidik, jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit berarti sulit untuk kita dengan topik judul artikel yang relevan bisa menduduki posisi 10 besar, tetapi jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat kompetitor atau pesaing yang cukup ringan, itu kesempatan bagi kita karena posisi 10 besar akan mudah untuk kita peroleh, bahkan dalam hitungan haripun blog yang kita miliki bisa bertengger diposisi 10 besar hasil pencarian google.

Cara agar artikel muncul di urutan 10 besar google


pada artikel kali ini akan di uraikan mengenai Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google yang meliputi:

#1. Menemukan Jumlah pencarian kata kunci dan jumlah pesaing
#2. Mendapatkan informasi mengenai tingkat sulit mudahnya pesaing
#3. Tips agar mudah mengalahkan pesaing.

Cara menemukan Jumlah Pencarian  dan Jumlah Pesaing dari kata kunci

Lantas bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa kata kunci yang kita bidik untuk judul artikel yang akan kita buat memiliki tingkat pesaing sulit atau tingkat pesaing mudah?, sebelum kearah sana sebenarnya ada beberapa yang harus kita lakukan ketika kita sudah menentukan kata kunci untuk judul artikel, yang pertama adalah melihat jumlah pencarian perbulan apakah tinggi atau rendah, kemudian yang kedua adalah melihat jumlah kompetitor atau pesaing, apakah tinggi (hight), menengah (medium) atau low (rendah), informasi tersebut bisa kita lihat dengan menggunakan google adword keyword tools, namun untuk competition (informasi competition pada tool tersebut sebenarnya berguna untuk tujuan publiser iklan adsense), cara lengkapnya bisa anda baca pada artikel saya tentang riset kata kunci dengan google keyword planner. disana dijelaskan bahwa ketika kita memutuskan untuk mencari kata kunci, sebaiknya kita memilih longtail keyword dengan jumlah persaingan menengah ke bawah (medium atau low) tetapi memiliki jumlah pencarian yang tinggi, tujuannya adalah agar artikel yang kita buat dengan kata kunci tersebut memiliki peluang untuk tampil lebih baik pada hasil pencarian search enggine.


Cara Melihat Sulit Mudahnya Level Kompetitor

Setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, sebenarnya ada satu tahap lagi yang harus kita tempuh, jika kita hanya mengandalkan riset kata kunci dengan google keyword planner saja, itu sebetulnya masih mentah dan belum cukup, karena riset kata kunci dengan google keyword planner hanya untuk mendapatkan informasi jumlah pencarian perbulan, sedangkan jumlah pesaing ('competititon') yang diperlihatkan oleh alat tersebut,  tidak ada kaitannya dengan kompetisi atau kompetitor SEO, arti competititon pada alat tersebut adalah untuk mengukur jumlah kompetitor pengiklan dengan kata kunci yang bersangkutan , jika jumlah persaingannya tinggi (hight) itu menandakan bahwa kata kunci tersebut sudah banyak sekali  digunakan sebagai iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya menengah (medium) itu menandakan kata kunci tersebut cukup banyak yang menggunakan untuk iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya rendah (low) berarti kata kunci tersebut tidak terlalu banyak yang menggunakan.

Informasi dalam google keyword planner pada intinya belum bisa kita jadikan acuan kata kunci yang kita bidik bisa kita jadikan judul artikel, karena google keyword planner tidak dapat memprediksi apakah tingkat persaingannya sulit atau mudah, dan meskipun informasi jumlah persaingan (competititon) yang ditujukan oleh google keyword planner itu hight atau tinggi, sebenarnya kita bisa ambil asalkan tingkat persaingannya mudah, (ingat !, harus kita bedakan antara jumlah Pesaing  dan tingkat Pesaing), begitu juga untuk informasi google keyword planner dengan jumlah persaingan rendah, sebenarnya tidak bisa kita ambil jika level persaingannya sulit. harus diingat informasi competititon yang terdapat dalam keyword planner bukan tolak ukur untuk kompetitor seo, informasi tersebut lebih ditujukan untuk pengiklan, jadi kita bisa mengambil kandidat kata konci dengan informasi low, medium maupun hight  itu tidak masalah.

Langkah-langkah melihat level kompetitor

Untuk mendapatkan inforasi mengenai sulit mudahnya tingkat persaingan suatu kata kunci, kita bisa bisa mengguanakan MozBar untuk mengetahuinya. MozBar adalah tool berupa plugin browser yang tersedia untuk browser mozila dan browser google croome. kita bisa instal sesuai dengan browser yang sering kita gunakan. Ingat langkah ini adalah langkah lanjutan setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, tujuannya adalah untuk menganalisa sulit mudahnya tingkat persaingan kata kunci yang akan kita gunakan, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Instal MozBar, Jika MozBar belum anda instal berarti harus anda intstal terlebih dahulu.  silahkan masuk ke alamat http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian pilih sesuai dengan jenis browser yang anda gunakan dan instal, ingat setelah melakukan instal anda diharuskan merestat browser yang anda gunakan agar tool MozBar siap untuk dipakai. dengan terinstalnya mozbar pada browser anda berarti kita bisa mengamati informasi setiap situs yang terdapat atau muncul dalam daftar hasil pencarian mesin pencari.

2. Buka google lokal google.co.id, kemudian lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang akan anda jadikan judul artikel, anda disini cukup mengamati urutan 1 sampai dengan 10 hasil pencarian saja.

3. Dari sepuluh hasil pencarian yang kita amati, silahkan anda lihat Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) dari tiap hasil pencarian satu-persatu, informasi tersebut akan dapat kita lihat dengan jelas karena kita sudah memasang MozBar pada browser yang kita gunakan. jika terdapat daftar yang memiliki PA 0 s/d 5 berarti kita harus bersyukur, dengan begitu kita akan mudah bersaing dengan menggunakan kata kunci tersebut. kemudian perhatikan juga nilai (DA) nya, jika nilai DA nya berada dibawah blog yang kita miliki (blogspot nilai DA=93, wordpress nilai DA=100), ini kesempatan untuk kita bisa menduduki urutan 10 besar. PA dan DA selalu beriringan, PA besar DA besar akan sangat sulit kita kalahkan, PA besar DA kecil, cukup sulit kita kalahkan, PA kecil DA besar, mudah kita kalahkan jika DA blog kita >= dengan DA blog pesaing. untuk informasi tambahan anda bisa baca artikel tentang Cara Mengatahui PA dan DA.

4. Dari daftar 10 besar hasil pencarian, amati juga satu persatu, apakah ada yang menggunakan kata kunci tersebut untuk nama domain, kalo ada berarti website tersebut salah satu yang akan sulit kita saingi.

5.  Jika dari 10 hasil pencarian google yang kita amati untuk masing-masing ternyata memiliki DA-dan PA tinggi-tinggi, sebaiknya kita urungkan untuk menggunakan kata kunci tersebut, karena kecil peluangnya artikel yang kita buat tersebut, ditemukan dan dikunjungi.

6. Lihat Juga jumlah hasil pencarian google, jika total hasil pencarian berada diantara 500ribu s/d 800 ribu, berarti itu kesempatan baik, untuk menggunakan kata kunci yang anda bidik agar bisa bersaing.

Tips tambahan untuk mengalahkan Posisi pesaing

Jika pada riset yang anda lakukan kebetulan anda beruntung melihat peluang bahwa hasil 1 s.d 10 besar pencarian google banyak yang memiliki DA dan PA rendah, berarti anda siap untuk menggunakan judul artikel dengan kata kunci yang anda bidik, ada tips tambahan agar secara cepat dan pasti anda bisa mengalahkan posisi blog atau situs pesaing.

1. Sajikan artikel anda setidaknya terdiri dari 1500 + suku kata keatas, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google, semakin banyak itu akan semakin bagus dan artikel yang anda buat akan mudah untuk menduduki posisi terbaik google.

2. Usahakan kata kunci yang kita bidik berada pada suku kata pertama, misal jika anda membidik kata kunci utama "optimasi seo onpage" maka judul yang harus anda pasang yang paling baik adalah "Optimasi Seo onpage pada blog lengkap" dari pada memasang judul "Cara cepat dan mudah optimasi seo onpage" berdasarkan 200+ faktor pencarian google, google akan memprioritaskan kata kunci yang diletakan pada suku kata pertama dari pada diletakan pada suku kata tengah atau terakhir.

3. Pupuklah dengan backlink, setidaknya artikel yang anda terbitkan tersebut harus anda pupuk minimal dengan 5 buah backlink atau lebih dari situs berbeda, semakin banyak itu akan semakin bagus untuk link juice yang memberikan energi untuk artikel anda.

4. Jangan menyajikan konten kopi paste, buatlah konten yang relevan dengan judul yang anda bidik.

5. Lakukan optimasi seo onpage secara baik silahkan anda baca Optimasi Seo onpage pada blog lengkap. untuk melakukannya.


Demikian informasi mengenai Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google, saya share untuk anda. somoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel terkait lainnya mengenai cara membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel


Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Blogging dengan judul Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://bayarsaja.blogspot.com/2014/08/cara-agar-artikel-muncul-di-urutan-10.html. Terima kasih atas kunjungannya!

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar bernada spam akan saya hapus