Home » » 10 Efek Radiasi Ponsel Terhadap Manusia Dan Lingkungan

10 Efek Radiasi Ponsel Terhadap Manusia Dan Lingkungan

Tidak bisa dipungkiri bahwa telepon seluler (ponsel) telah banyak     menghadirkan berbagai kemudahan dalam hidup manusia. Meski banyak diperdebatkan, banyak kalangan khawatir akan dampak negatif dari radiasi yang ditimbulkan.


Penelitian terbesar yang pernah dilakukan  tentang bahaya ponsel telah    membantah adanya risiko kanker otak pada  penggguna ponsel. Penelitian    yang dilakukan sendiri oleh organisasi  kesehatan dunia (WHO) tersebut    menunjukkan risikonya tidak terlalu  besar untuk dikhawatirkan.

Namun penelitian terbaru di India  kembali menegaskan adanya ancaman    kanker terutama pada anak dan remaja.  Sang peneliti, Prof Girish Kumar    bahkan mengatakan bahaya radiasi juga  terdapat di sekitar menara Base    Transceiver Station (BTS).

"Satu  BTS bisa memancarkan daya 50-100W. Negara yang punya banyak    operator  seluler seperti India bisa terpapar daya hingga 200-400W.    Radiasinya  tak bisa dianggap remeh, bisa sangat mematikan," ungkap Prof    Kumar.

Dikutip   dari DNAindia, berikut ini sejumlah dampak negatif yang bisa     ditimbulkan akibat radiasi yang berlebihan dari ponsel dan menara BTS:

1.  Resiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400 persen     akibat penggunaan ponsel. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak     yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel.

2. Bukan hanya pada anak  dan remaja, pada orang dewasa radiasi ponsel    juga berbahaya. Penggunaan  ponsel 30 menit/hari selama 10 tahun dapat    meningkatkan risiko kanker  otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor   otak  yang bisa menyebabkan  tuli).

3. Radiasi ponsel juga berbahaya bagi kesuburan pria.  Menurut    penelitian, penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menurunkan  jumlah    sperma hingga 30 persen.

4. Frekuensi radio pada ponsel  bisa menyebabkan perubahan pada DNA    manusia dan membentuk radikal bebas  di dalam tubuh. Radikal bebas    merupakan karsinogen atau senyawa yang  dapat memicu kanker.


5. Frekuensi radio pada ponsel  juga mempengaruhi kinerja alat-alat    penunjang kehidupan (live saving  gadget) seperti alat pacu jantung.    Akibatnya bisa meningkatkan risiko  kematian mendadak.

6. Sebuah penelitian membuktikan produksi  homon stres kortisol   meningkat  pada penggunaan ponsel dalam durasi yang  panjang.   Peningkatan kadar  stres merupakan salah satu bentuk respons  penolakan   tubuh terhadap  hal-hal yang membahayakan kesehatan.

7.  Medan elektromagnet di sekitar menara BTS dapat menurunkan sistem     kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh lebih sering mengalami reaksi alergi     seperti ruam dan gatal-gatal.

8. Penggunaan ponsel lebih dari 30  menit/hari selama 4 tahun bisa   memicu  hilang pendengaran (tuli).  Radiasi ponsel yang terus menerus   bisa  memicu tinnitus (telinga  berdenging) dan kerusakan sel rambut   yang  merupakan sensor audio pada  organ pendengaran.

9. Akibat pemakaian ponsel yang berlebihan,  frekuensi radio yang    digunakan (900 MHz, 1800 MHz and 2450 MHz) dapat  meningkatkan   temperatur  di lapisan mata sehingga memicu kerusakan  kornea.

10. Emisi dan radiasi ponsel bisa menurunkan kekebalan  tubuh karena    mengurangi produksi melatonin. Dalam jangka panjang,  kondisi ini dapat    mempengaruhi kesehatan tulang dan persendian serta  memicu rematik.

10-a. Risiko kanker di kelenjar air ludah meningkat akibat penggunaan ponsel secara berlebihan.

10-b.  Medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala bisa memicu  kerusakan    sistem syaraf yang berdampak pada gangguan tidur. Dalam  jangka  panjang   kerusakan itu dapat mempercepat kepikunan.

10-c. Medan  elektromagnetik di sekitar BTS juga berdampak pada  lingkungan   hidup.  Burung dan lebah menjadi sering mengalami  disorientasi atau   kehilangan  arah sehingga mudah stres karena tidak  bisa menemukan arah   pulang  menuju ke sarang. (wah dampaknya bukan  hanya pada manusia saja)
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Info Kesehatan dengan judul 10 Efek Radiasi Ponsel Terhadap Manusia Dan Lingkungan. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://bayarsaja.blogspot.com/2012/01/10-efek-radiasi-ponsel-terhadap-manusia.html. Terima kasih atas kunjungannya!

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar bernada spam akan saya hapus